6 Penyebab Lele Mengantung Di Atas Air Kolam

Nah,kali ini akan saya jelaskan apa pengaruh hujan terhadap kolam lele,tentunya bagi para pemula belum tau betul seperti apa reaksi ikan jika terjadi hujan.Oleh sebab itu saya akan berbagi pengetahuan saat memelihara ikan lele di musim hujan.

6 Penyebab Lele Mengantung Di Atas Air Kolam

Dalam budidaya ikan lele,baik sangkuriang maupun jenis lain.Hujan adalah anugrah,bukanlah musibah.Air hujan sanggat baik bagi lele (kecuali hujan salju,lele bisa pilek entar).Kalau ada masalah setelah hujan turun,masalahnya bukan pada air hujannya,tapi pada cara anda lakukan dalam memperlakukan air kolam.

Saya rasa tehnik apapun yang saat ini saya gunakan dirancang untuk mengolah/memperlakukan air kolam dengan baik sehingga tidak akan terjadi masalah pada saat penambahan air kolam karna hujan.

Jika pasca turun hujan terjadi masalah pada kolam,telaah pada cara yang anda gunakan,,bukannya malah menyalahkan hujan.Anda mungkin dapat menambahkan pelindung / atap pada kolam.Iyah kalo kolam ikan hanya 100-200 meter,apa jadinya kalo kolam budidaya luasnya mencapai 1-2 hektar? berapa biyaya yang akan anda tanggung untuk membuat atap pada kolam seluas itu.Apakah akan sebanding dengan hasilnya? sementara harga lele? (tentunya kalian semua tau berapa harga lele di pasaran untuk perkg nya).

Nah,terus lele saya kenapa setiap turun hujan selalu mengantung di atas kolam setelah turun hujan? mungkin itulah yang menjadi pertanyaan kalian semua saat turun hujan.Ada beberapa penyebab kenapa lele mengantung di atas kolam ikan setelah di terpa air hujan.

Berikut ini penyebab ikan lele mengantung setelah turun hujan.

1.Kolam Di Guyur Air Hujan Yang Lewat Atap
Ini yang sering terjadi,biasanya bagi kita yang mengalami keterbatasan dana ,kita membuat kolam di dekat rumah.Biasanya ada sebagian kolam yang tertutupi atap rumah yang ketika hujan otomatis air hujan dari atap akan masuk kedalam kolam.Nah dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa Residu/Racun yang ada di atap rumah ikut terbawa kedalam kolam oleh air hujan.

2.Kolam Kurang Dalam 
Jika kolam ikan tidak memiliki kedalaman yang ideal,maka ketika hujan turun,getaran yang di timnbulkan oleh air hujan akan membuat ikan lele menjadi stres.Karna lele sanggat peka terhadap getaran (bahkan di beberaapa daerah lele digunakan sebagai salah satu hewan yang dapat memprediksi terjadinya gempa bumi).Gak percaya silakan buka kalkulator anda dan tanya sama mbah google.
Lele akan sanggat terganggu terhadap getaran yang di timbulkan,mdan bukan karna airnya,maka setelah hujan reda biasanya lele mengantung karna stres.Biasanya kondisi seperti ini yidak akan berlangsung lama,karna lele akan menyesuaikan sendiri keadaan sekitarnya.

3.Lele Terlalu Padat
Kepadatan juga berpengaruh terhadap ikan lele pasca turunnya hujan,alasannya seperti dengan poin 2 yaitu terlalu padat yang mengakibatkan ikan menjadi stres.

4.Tidak Sesuai Dengan SOP/Panduan
Ini yang biasanya sanggat sering terjadi.Biasanya (terjadi terhapat pemula seperti saya ini) kita kurang teliti dalam menerapkan tehnik budidaya.Atau karna bahan yang di sediakan tidak ada,jijik,atau alasan lainnya kita mengganti dengan bahan yang lain atau bahkan tidak mengunakannya.Nah ini adalah kesalahan mendasar dalam implementasi budidaya.

5.Asal Tebar
Masih banyak prilaku yang di lakukan oleh pemula dan biasanya,kita melihat komdisi kolam berdasarkan kasat mata,asal liat air sudah hijau,asal tebar aja,dll.
Makanya ketika terjadi hujan (terjadi perubahan komposisi air) lele stres dan mengantung.

6.Campur-Campur
Nah,ini dia yang sering di lakukan oleh para coba-cobaneer / pemula,ketika mengabungkan beberapa tehnik menjadi satu,ujung-ujungnya bukannya untung malah jadi buntung.
Biasanya yang seperti ini jangan kan hujan turun,ketika tidak turun hujan pun pastinya bakalan banyak bgt masalah.

Nah,itulah beberapa analisa saya,sekali lagi ini adalah pendapat saya.Pendapat boleh berbeda,tapi pengalaman adalah yang membuktikan.Jika anda semua mengalami masalah pada kolam setelah hujan turun,sementara tidak banyak masalah yang terjadi berarti harus ada yang anda cek lagi pada kolam anda dan bukan fokus pada air hujannya.

Oleh sebab itu, setelah terjadi hujan anda perlu mengecek keasamaa air hujannya, karna di takutkan keasaman air meningkat dan menyebabkan banyak ikan naik ke permukaan kolam.

Demikianlah dari kami,semogga bermanfaat dan dapat membantu kalian semua dan budidaya ikan lele.Salam sukses dari Juragan Empang.....HEHEHHEHEHE...........

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6 Penyebab Lele Mengantung Di Atas Air Kolam"

Posting Komentar