Tutorial Cara Bikin Cover Shock Dari Pipa PVC

 Sebelum kita mulai tutorialnya saya mengucapkan banyak trimaksih karna sudah mau mampir ke artikel saya dan semogga artikel saya dapat membantu kalian semua yang membacanya.

 Mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya

 Kondom shock sebenernya bukan barang baru didunia otomotif, motor-motor jadul kaya cb aja udah pake kondom shock baik depan maupun belakang. Seiring perkembangannya kondom shock juga sudah banyak melalui perubahan baik bentuk maupun variasinya.

Kondom Shock Vixsion

 Didunia modifikasi sendiri sudah banyak variasi dari kondom shock breaker, mulai yang dari bahan cnc, plat besi sampai yang pake pipa pvc.

 Nah berhubung tingkat kesulitannya sangan sedikit maka kita akan bahas dan kupas tuntas tutorial pembuatan kondom shock breaker dari bahan pipa pvc.


 Kondom Shock Berbahan Dasar Besi/plat
Mengingat harga pembuatan yang sangat minim dengan hasil yang lumayan pembuatan kondom shock breaker menggunakan pvc menjadi pilihan alternatif yang menggiurkan. Memiliki banyak kelebihan, seperti tidak perlu melakukan bongkar-pasang segitiga atas bawah.

Nah, sekarang mari kita bikin....


  • Pertama.....Siapkan bahan-bahan dulu : Pipa PVC (merek apa aja ukuran 1 1/2 dan ukuran 2) , gergaji, amplas, paper clip, lem paralon, cutter, kopi, gorengan, rokok dll..
  • Kedua....Buat Pola,  Panjang 20cm, Lebar 15,4 Cm (Panjang dan lebar tergantung jenis motor ya bro). 
  • Ketiga..ukur panjang kanan 4,7 cm (optional) dan kiri 4,8 cm (optional), Maka akan didapat hasil tengah 6cm.

 Nah, Sekarang kita ukur pipa paralonnya dengan ukur pipa pvc 1 1/2 dengan panjang masing-masing 20,5cm. Lalu potong keduanya sama panjang menggunakan gergaji besi.

 Setelah dipotong 2, Amplas, haluskan dan ratakan menggunakan ampalas 100 dan cutter.

 Buat garis bantu melingkar 2cm pada tiap-tiap potongan paralon.

 Lalu aplikasikan pola yang sudah dibikin tadi ke media paralon, Arsir dengan warna hitam area 6cm yang dingah tadi, lokasi inilah yang natinya tidak kita potong.

 Potong area yang diberi ukuran 4,8cm dan 4,7cm tadi.Jangan lupa dibuat garis tengahnya juga ya bro.

 Setelah didapat 6cm tadi selanjutnya kita mengarah kebagian belakang..ikuti lagi pengukuran dibawah ini, untuk tepi kanan kita buat lebar 1cm dan tinggi 1 1/2cm, sedang tepi kiri kita buat masing-masing 1 1/2cm. Arsir bagian tengahnya dan buang area yang diarsir.

 Tambahkan coakan ini nantinya berguna agar tidak mentok besi yang menempel pada segitiga atas.

 Next..mari kita bikin cincin shock penghubung shock atas dan bawah..buat 3 buah masing-masing kiri dan kanan (total 6 buah), masing2 ukuran 2cm.

 Penghubung dibelah juga total 6 buah masing-masing buat 3 buah dan gabungkan shock atas dengan ketiga shock penghubung tadi, kalo bisa dibengket dalam pengeleman agar sewaktu pemasangan tidak kaku dan melekat sempurna.

 Selanjutnya untuk bagian terakhir ini kita akan coba membuat penutup shock bagian bawah yang nantinya akan disambung ke shock bagian atas.

 Dan untuk penutup shock bagian bawah ini kita menggunakan pipa pvc ukuran 2inci (2"), ukur panjang masing-masing 22,5cm (opsional, menurut panjang masing-masing shock motor) dan jangan lupa dibikin 2 sekalian :

 Lalu buat garis bantu 2cm dan 4cm atas dan bawah pada masing-masing ukuran paralon.

 Terus, jangan lupa dibuat garis tengahnya juga ya. tahap selanjutnya adalah dari garis tengah tarik ke kiri dan kanan masing-masing 0,5cm (total 1cm),Serta beri arsir area 1cm tadi, natinya area inilah yang akan kita buang.

 Sekarang proses pemotongan (penggergajian), potong masing2 ukuran paralon tadi menjadi 2 bagian,kemudian potong (hilangkan) bagian 1cm yang diarsir tadi.lanjut buat coakan untuk segitiga bawah.

 Kemudian gabungkan kedua bagian menggunakan lem paralon dan gunakan paper clip untuk membantu dalam proses pengencangannya.

 Dan ini adalah hasil 1/2 jadinya.

 Selalu semanggat untuk kalian semua yang punya kreatifitas untuk selalu membuat hal-hal baru tanpa membeli jadi.

Silakan beri komentar anda jika ada hal yang tidak di pahami, trimakasih.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tutorial Cara Bikin Cover Shock Dari Pipa PVC"

Posting Komentar