7 Bahan Pembuat Prebiotik Ikan Lele Dan Cara Pembuatan

Judulnya keren yah, tapi tidak bisa di pungkiri, di segmen pembesaran. Pakan merupakan cost terbesar dalam budidaya. Karena dengan pakan yang baik pertumbuhan lele akan baik juga.
7 Bahan Pembuat Prebiotik Ikan Lele Dan Cara Pembuatan

Kembali ke pokok masalahnya. Kita tau bahwa harga pakan makin hari makin tinggi/mahal. entah karena naiknya harga BBM atau apalah yang jelas kenaikan harga pakan ini menyebabkan para pembudidaya "tercekik". Hal ini disebabkan harga lele yang tidak semudah itu untuk naik.

Nah dari situlah saya rasa tips ini bisa digunakan untuk mengatasi harga pakan. Lho koq bisa? ya dengan dibibis dengan larutan probiotik yang telah di fermentasikan seperti ini, pemberian pakan bisa dukurangi tanpa harus mengorbankan pertumbuhan lele sangkuriang kita. Oke langsung saja yah.

Artikel Terkait : Tips dan Tick Usaha Budidaya Lele Untung Puluhan Juta

Alat dan Bahan:

  1. Probiotik 1 liter (setau saya bisa diganti dengan EM4 Perikanan)
  2. Yakul 5 botol 
  3. Dedak 1 kg (dedak ini diseduh dulu dengan air panas)
  4. Vit C dan Vit B complek masing masing 50 butir
  5. Molase 2 liter atau gula 2kg
  6. Susu kental 1 kaleng
  7. Air 50 liter

Cara Pembuatan:

Masukkan dalam wadah tertutup semua bahan di atas
fermentasikan minimal 6 hari
Setelah dirasa cukup,atau sudah siap,maka akan tercium bau seperti fermentasi yang sanggat menyengat seperti bau tuak/arak.

Cara Pencamuran Kedalam Pakan Ikan

Adapun cara pembibisan adalah dengan menggunakan setengah aqua gelas /1kg pakan.Campurkan air sebanyak satu liter kedalam wadah pakan,lalu campurkan prebiotik yang sudah kalian buat dan aduk,setelah itu masukan pakan ikan seperti pelet sebanyak 1kg.
Aduk-aduk terus sampe merata,setelah merata biarkan pakan selama 10 menit,agar pakan mengembang dan bercampur dengan air yang sudah ada prebiotiknya. 
Sekarang prebiotik sudah dapat di berikan kepada ikan kalian semua.Dari hasil riset saya sendiri bahwa pakan yang di berikan prebiotik akan memacu pertumbuhan ikan lele,dan mempercepat masa panen ikan kalian semua.
Cukup serkian dari saya.dan semoga artikel saya ini dapat membantu mengembangkan bisnis kalian semua.Salam sukses.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "7 Bahan Pembuat Prebiotik Ikan Lele Dan Cara Pembuatan"